1. Project Name : Sibulet Platform game
2. Project Owner : Angga daru arsianto #3ia22
:
Ahmad sauqi #3ia22
: Eko pranatya
#3ia22
: M.Riski Pahlefi
#3ia22
: Puri Ardiyanto
#3ia22
: Sunandar Panjaitan
#3ia22
3. Project Charter : Game Platform
menggunakan flash dengan karakter seperti bounce dan lawannya adalah sebuah smile angry.
4. Project Manager :
A.
Business Analyst
ini adalah terminologi yang
sering dikaitkan dengan posisi BA. Bersamaan dengan jabatannya, beberapa skills
yang perlu diasah sebagai seorang consultant/analyst adalah demikian (ga
terbatas ini aja):
Listening –>
mendengarkan lawan bicara.
Menuliskan kembali
penjelasan dari lawan bicara
Menangkap intisari/ maksud
dari lawan bicara
Fasilitasi. Skill ini penting
sekali terutama pada saat kita interview. Kita harus bisa membuat mereka
mengeluarkan apa yang mau kita capai.
Drive. Usahakan pada
diskusi, kita sudah siap, jadi kita bisa memimpin diskusi.
Proaktif. Kalau ada bahan
kurang, ada yang tidak jelas, kita harus mengejar dan follow up.
Fungsional
Pengertian fungsional adalah a 1
berdasarkan jabatan; 2 dilihat dr segi fungsi: kedua kata itu secara – sepadan
B.
I/A proses
“game” yang berarti permainan.
Computer game berbeda dengan jenis game yang lain karena tidak ada pergerakan secara fisik atau interaksi langsung dengan object kecuali lewat perantaraan komputer. Software yang dibuat harus dapat menangkap reaksi yang cepat dari interaksi yang dihasilkan dengan pemain. Karena itu software untuk computer games harus bersifat real time. Kompleksitas game adalah bergantung dari kemampuan merepresentasikan aturan dan lingkungan game dalam program yang dibuat.
Hal - hal yang dibutuhkan untuk menjadi pembuat game antara lain :
1. Keinginan
2. Daya Khayal
3. Menentukan genre permainan, misalnya
Berdasarkan genre permainannya :
- Aksi – Shooting
- Fighting ( pertarungan )
- Aksi – Petualangan
- Petualangan
- Simulasi, konstruksi dan manajemen
- Role playing
- Strategi, game jenis ini terbagi atas :
1. Real time strategy
2. Turn based strategy
- Puzzle
- Simulasi kendaraan
Kategori lainnya :
- Multiplayer Online
- Casual games
- Edugames
- Advergames
4. Software yang dibutuhkan untuk pembuatan game, antara lain :
- The 3D Gamemaker
- 3D RPG BUILDER
- Game Maker
- RPG Maker
- FPS Creator
Computer game berbeda dengan jenis game yang lain karena tidak ada pergerakan secara fisik atau interaksi langsung dengan object kecuali lewat perantaraan komputer. Software yang dibuat harus dapat menangkap reaksi yang cepat dari interaksi yang dihasilkan dengan pemain. Karena itu software untuk computer games harus bersifat real time. Kompleksitas game adalah bergantung dari kemampuan merepresentasikan aturan dan lingkungan game dalam program yang dibuat.
Hal - hal yang dibutuhkan untuk menjadi pembuat game antara lain :
1. Keinginan
2. Daya Khayal
3. Menentukan genre permainan, misalnya
Berdasarkan genre permainannya :
- Aksi – Shooting
- Fighting ( pertarungan )
- Aksi – Petualangan
- Petualangan
- Simulasi, konstruksi dan manajemen
- Role playing
- Strategi, game jenis ini terbagi atas :
1. Real time strategy
2. Turn based strategy
- Puzzle
- Simulasi kendaraan
Kategori lainnya :
- Multiplayer Online
- Casual games
- Edugames
- Advergames
4. Software yang dibutuhkan untuk pembuatan game, antara lain :
- The 3D Gamemaker
- 3D RPG BUILDER
- Game Maker
- RPG Maker
- FPS Creator
Dari macam – macam Software yang ada di atas kita bisa
simpulkan bahwa dalam membuat sebuah game kita dapat menggunakan beragam bahasa
pemrogramaan tergantung dari jenis game yang akan di buat itu sendiri
Tahap pembuatan game :
1. Pre-production
2. Production
3. Testing (pengujian)
4. Penyelesaian
5. Pemeliharaan
6. Durasi
Artificial Intelligence (AI) dalam Game
Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC~ Non Playable Character).
Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi
Tahap pembuatan game :
1. Pre-production
2. Production
3. Testing (pengujian)
4. Penyelesaian
5. Pemeliharaan
6. Durasi
Artificial Intelligence (AI) dalam Game
Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC~ Non Playable Character).
Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi
dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah :
- Penglihatan (vision)
- Suara (voice), ucapan (speech)
- Gerakan anggota badan ( gesture)
- Penglihatan (vision)
- Suara (voice), ucapan (speech)
- Gerakan anggota badan ( gesture)
C. User and accept test
Dalam
rekayasa game dan berbagai perusahaan subdisiplin , User and accept test adalah tes yang dilakukan untuk menentukan
apakah persyaratan dari spesifikasi license terpenuhi. Ini
mungkin melibatkan test run game dan pembuatan game.
Dalam
rekayasa sistem mungkin melibatkan pengujian
black-box dilakukan pada sistem (misalnya: sepotong perangkat lunak , banyak bagian mekanis
diproduksi, atau batch produk kimia). sebelum pengiriman
Pengembang
perangkat lunak sering membedakan pengujian penerimaan oleh penyedia sistem
dari pengujian penerimaan oleh pelanggan (pengguna atau client) sebelum
menerima pengalihan kepemilikan. Dalam hal perangkat lunak,
pengujian penerimaan dilakukan oleh pelanggan dikenal sebagai User and accept test (UAT), pengujian end-user, situs
(penerimaan) pengujian, atau bidang (penerimaan) pengujian.
D.
System analist
Tugas dan peranan Development system
1.
Programmer
Seorang programer mempunyai peranan yang
sangat vital untuk mengimplementasikan suatu analisis/rancangan menjadi program
yang nyata dan bisa digunakan
2.
Desainer programmer
Membuat User InterfaceProgramer juga
mempunyai suatu kewajiban membuat user interface yang userfriendly. Hal
tersebut bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan sistem informasi
tersebut. Semakin mudah digunakan suatu program, maka nilai program itu akan
semakin tinggi. Walaupun user interface merupakan rancangan seorang desainer,
namun programer wajib memberikan masukan agar user interface tersebut dapat
diimplementasikan secara sempurna.
3.
DBA
Programmer.
Membuat DataBase SistemDatabase dalamn
sistem ini merupakan kumpulan dari data-data pasien yang menginap di rumah sakit
tersebut. Database merupakan inti utama dari program sistem informasi rawat
inap. Dengan pembuatan database secara lengkap maka kita dapat menilai
kelayakan suatu program informasi. Selain itu database juga dapat dijadikan
sebagai basis pengetahuan.
E. Penggolongan User / Pangsa Pasar Game (Release strategy)
Dalam setiap game yang dirilis, biasanya dicantumkan pemberitahuan mengenai batasan umur pemain dari game tersebut. Pemberitahuan ini disimbolkan dengan logo-logo sebagai berikut :
- EARLY CHILDHOOD
Simbol eC (Early Childhood) berarti game yang boleh
dimainkan oleh anak berumur 3 tahun keatas. Tidak ada materi yang perlu
dikhawatirkan.
- EVERYONE
Simbol E (Everyone) berarti game tsb cocok untuk anak
berumur 6 tahun keatas. Isinya mungkin berisi sedikit kartun, fantasi atau
sedikit kekerasan.
- EVERYONE 10+
Simbol ini berarti game yang cocok untuk 10 tahun
keatas. Didalamnya ada lebih banyak unsur kartun, fantasi, sedikit kekerasan
atau sedikit bahasa kasar dan atau sedikit bersifat mempengaruhi.
- TEEN
Simbol ini menunjukkan bahwa game hanya cocok untuk
anak 13 tahun keatas. Didalamnya mungkin berisi kekerasan, hal - hal yang bisa
mempengaruhi, humor kasar, sedikit darah, simulasi perjudian dan atau bahasa
yang kasar
- MATURE
Simbol ini menunjukkan bahwa game hanya cocok untuk 17
tahun keatas. Didalamnya mengandung banyak kekerasan dan darah, berbau seks dan
atau kata-kata kasar.
- ADULTS ONLY
Simbol ini berarti game ini hanya cocok untuk 18 tahun
keatas. Didalamnya mengandung adegan kekerasan berkepanjangan dan atau seksual
dan ketelanjangan.
- RATING PENDING
Game yang belum memiliki rating sehingga para orang
tua harus menghindari membeli game ini kepada anaknya atau melakukan survey
sendiri.
F. BERDASARKAN JENIS “PLATFORM”
ATAU ALAT YANG DI GUNAKAN (Realese Application)
1.Arcade games, yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).
2.PC Games , yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers..
3.Console games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu,
seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii..
4. Handheld games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa
kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP..
5.Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA..
Link coba game à https://dl-web.dropbox.com/get/Si%20buletPlatformer%20Game.swf?_subject_uid=130028606&w=AAD01PRzr9dXSyYkkVLJldfUGeDULgZBDfTxiL1ven8_Uw
Link
download gameà https://www.dropbox.com/s/jcettx2j6oya1eh/Si%20buletPlatformer%20Game.swf